Pengembangan Agro Tawon Rimba Raya

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

WISATANUSA.COM - Kabupaten Malang, Pengembangan Agro Tawon Rimba Raya mengembangkan tiga jenis lebah yang menjadi andalan dalam membudidayakan lebih agar menjadikan hasil madu yang terbaik. Beberapa jenis lebah yang dibudidayakan saat ini antara lain Apis Melilfira, Acerana dan Trigond.

Apis Melilfira adalah lebah Australia, sedangkan Acerana merupakan lebah lokal yang ganas tetapi tidak berbahaya. Trigond adalah lebah yang kecil dan tidak menyengat. Untuk beternak lebah, Apis Melilfira adalah pilihan yang cocok karena menghasilkan madu paling berkat tubuh yang lebih besar. Produk yang dihasilkan oleh lebah tidak hanya madu saja. Produk-produk yang dihasilkan lebah, antara lain royal jelly, bee pollen, dan propolis.

Proses pembuatan sarang lebah terbagi menjadi dua, yakni alami dan buatan. Proses pembuatan sarang lebah alami hanya melibatkan lebah itu sendiri, sedangkan sarang buatan dibuat oleh manusia. Untuk musim bunga yang optimal, dari satu kotak lebah dapat dipanen 30-40 kg madu murni.

©2018 Wisatanusa | Barometer Wisata Nusantara

Search